Rabu, 01 Maret 2017

Tips mengetik menggunakan microsoft word

Dalam kegiatan sehari-hari microsoft word adalah software yang selalu kita gunakan untuk mengetik atau membuat tugas, surat, maupun dokumen lainnya.  Dalam penggunaanya banyak sekali hal kecil tetapi memberikan dampak yang besar, dan bisa mempercepat kita dalam mengetik maupun mengoreksi tulisan di microsoft word yang belum diketahui. Berikut ini tips simple yang bisa digunakan dalam mengetik :

1. Berpindah ketempat terakhir
Jika Anda mempunyai sebuah file dokumen dengan halaman yang banyak, Anda dapat menggunakan shortcut ‘Shift+F5’ untuk kembali ke spot terakhir yang kita edit. Trik ini juga bisa digunakan meskipun file dokumen tersebut baru saja kita tutup.
2. Mengganti dari lowercase ke UPPERCASE atau sebaliknya
Untuk merubah dari huruf kecil ke huruf besar atau sebaliknya dengan cepat, bisa digunakan shortcut ‘Shift+F3’. Caranya kata yang hendak dirubah harus di-block dulu, setelah itu tekan ‘Shift+F3’ beberapa kali hingga sesuai yang diinginkan. Trik ini sangat berguna ketika kita lupamematikan CAPSLOCK saat mengetik.
3. Block lebih cepat
Untuk mem-block seluruh paragraf Anda bisaklik tiga kaliarea paragraf tersebut sedangkan jika hanya ingin mem-block satu kalimat bisa digunakan shortcut ‘CTRL+klik’ di area kalimat tersebut. Ada satu cara lain untuk mem-block dalam bentuk kotak seperti marquee tool pada Photoshop yaitu dengan cara tekan ‘Alt’ danseret kursor mouse.
4. Memindahkan text
Cara yang umum digunakan ketika kita ingin memindahkan text adalah dengan cara ‘copy+hapus+paste’. Sebenarnya untuk memindahkan text dengan lebih cepat kita bisa menggunakan shortcut ‘CTRL+F3’ untuk mengcopy sekaligus menghapus text kemudian tekan ‘CTRL+Shift+F3’ untuk mem-paste text tersebut. Hal ini bisa dilakukan juga pada Image atau pada text dari file dokumen lain.Cara lain yang bisa digunakan adalah setelah mem-block tekan tombolF2kemudian pindahkan kursor ke tempat yang diinginkan lalu tekanENTER.
5. Ketik di area manapun pada sebuah halaman
Tahukah Anda bahwa kita bisa menggunakan sebuah halaman dokumen WORD seperti sebuah papan tulis dimana kita bisa menulis di sembarang tempat? Tinggaldouble klikdi area manapun dalam sebuah halaman dan ketik kata yang ingin ditulis.
6. Konversi ke ‘plain text’
Pernahkah Anda mencopy paste sebuah artikel di internet dan ternyata hasilnya di WORD malah berantakan? Jika Anda ingin menghilangkan ‘styling’, Anda bisa mem-block dulu kemudian tekan ‘CTRL+Spacebar’ atau ‘CTRL+Shift+N’ untuk merubahnya menjadi ‘plain text’.
7. Menambah fillerfiller
Ketika kita ingin melihat hasil akhir sebuah font, biasanya kita memilih sebuah font kemudian mengetik kata tak beraturan (filler) atau mem-block sebuah paragraf kemudian memilih font. Ada sebuah cara untuk menulis filler dengan cepat yaitu dengan mengetik=rand(p,l)dimanapadalah jumlah paragraf danladalah jumlah kata dalam paragraf tersebut. Jika kesulitan memahaminya bisa langsung dipraktekkan. Coba buka sebuah halaman kosong kemudian ketik=rand(4,3)untuk menulis filler sebanyak 4 paragraf yang masing-masing berisi 3 kata lalu tekanENTER.
8. Automatic page break
Jika ingin membuat sebuah page break atau halaman baru, pernahkah Anda menekanENTERberulang-ulang hingga sebuah halaman baru muncul? Ada cara yang lebih cepat yaitu dengan menekan ‘CTRL+Enter’. Jika Anda membuat page break secara manual, ketika Anda mengedit halaman sebelumnya maka halaman selanjutnya juga akan ikut berubah. Lain halnya ketika Anda membuat page break dengan ‘CTRL+Enter’.
9. Mengcopy format text
Shortcut ini akan sangat berguna ketika kita hanyaingin mengcopy format sebuah text dan bukan text-nya sendiri. Block dulu kata yang ingin dicopyformatnya kemudian tekan ‘CTRL+Shift+C’ untuk mengcopy format text tersebut. Sedangkan untuk mem-paste bisa digunakan ‘CTRL+Shift+V’. Seperti juga ketika kita mengcopy text dengan ‘CTRL+C’, format text tersebut tetap tersimpan dalam memori komputer selama program WORD belum kita tutup.
10. Mengulang perintah terakhir
WORD mengingat perintah terakhir yang Anda lakukan dan dengan menekan tombolF4akan otomatis mengulang perintah tersebut. Ini akan sangat berguna ketika kita mengedit sebuah file. Untuk memahaminya coba Anda block sebuah kata lalu tebali dengan ‘CTRL+B’ kemudian block kata lain lalu tekanF4. Semoga berhasil dan selamat mencoba. Yakusa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar